Home » » cara mudah belajar bahasa melalui media berbasis manusia

cara mudah belajar bahasa melalui media berbasis manusia

Unknown | 12:00 PM | 0 komentar
apa kabar sobat di belahan dunia, dalam dunia pembelajaran kita sangat membutuhkan yang namanya media sebagai sarana untuk mensukseskan pembelajaran. adapun media yang terdapata dalam pembelajaran sangat
Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan pembelajaran siswa. Misalnya, media manusia dapat mengarahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui eksplorasi terbimbing dengan menganalisis dari waktu ke waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar.
Dalam penggunaan media berbasis manusia, ada dua teknik efektif yang dapat digunakan, yaitu rancangan yang berpusat pada masalah dan bertanya ala Socrates. Rancangan pembelajaran yang berpusat pada masalah dibangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh peserta didik. Sedangkan teknik bertanya ala Socrates adalah penjelasan konsep-konsep dan gagasan-gagasan melalui penggunaan pertanyaan-pertanyaan pancingan.
Salah satu faktor penting dalam pembelajaran dengan media berbasis manusia ialah rancangan pelajaran yang interaktif. Adapun macam-macam pembelajaran interaktif yaitu;
1.    Pembelajaran partisipatori.
2.    Pembelajaran main peran.
3.    Pembelajaran kuis tim.
4.    Pembelajaran kooperatif.
5.    Debat terstruktur.
6.    Pembelajaran 99 detik.
banyak sekali jumlahnya, bisa juga media berbentuk audio visual, gambar, papn tulis, tape recorder dan media yang akan kita bahas yaitu media berbasis manusia.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment