MERANGKAI KALIMAT (تكوين الجمل)
- Guru memberikan pengantar sajian materi
- Untuk TK :
- Guru memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi, contoh (العسرة) أب، أم، أخت، أخ
- Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok,kelompok pertama bertugas menunjukkan gambar sedang kelompok kedua menebaknya
- Setelah selesai,tugas masing-masing kelompok di tukar
- Untuk MI/SD :
- Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
- Kelompok I di beri kartu berisi nama mereka masing-masing, kelompok II di beri kartu nama hewan (atau kata kerja), dan kelompok III di beri kartu yang berisikan nama-nama tempat (dzaraf makan), contoh:baca lebih lanjut
Kelompok I : أحمد، فاطمة، محمد، قاسم، فاضل
Kelompok II : قرد، أسد، قط، فيل، بقرة
Kelompok III : مكتبة، مستشفى، صيدلية، مزرعة، غرفة
- Secara bergantian masing-masing perwakilan kelompok membacakan kartunya, kelompok II diminta untuk menambahkan وَ dan kelompok III diminta untuk menambahkan kata فىِcontoh: أحمد وأسد في مكتبة، قاسم و قط في مزرعة
- Guru menunjuk salah satu siswa (perwakilan kelompok) untuk menuliskannya di papan tulis.
BEKERJA DAN WAKTUNYA (الأفعال والظروف)
- Guru menyiapkan 2 jenis kartu, kartu pertama berisi kata kerja lampau ‘madli’ dan kartu kedua berisi kata keterangan waktu.
- Guru membagi siswa dalam 2 kelompok, kelompok I memegang kartu kerja dan kelompok II membawa kartu waktu
- Masing-masing anggota kelompok di minta membacakan kartunya secara bergantian. dimulai dari yang membawa kartu kerja, kemudian kartu waktu baru dibacakan.
- Setelah selesai, masing-masing kelompok saling bertukar kartu
Contoh :
kelompok 1 :جاء فيصل
kelompok 2 :بالأمس
CERITA PENDEK (القصة الفصيرة)
- Guru memberikan sajian materi dalam bentuk cerita
- Guru membagi cerita dalam 4 bagian, masing-masing bagian terbagi lagi dalam 4 kartu
- Guru membagi siswa dalam 4 kelompok, masing-masing kelompok mendapat 1 bagian cerita (4 kartu)
- Setiap kelompok diminta untuk menyusun dan membacakan bagiannya di depan kelas
- Guru bersama siswa mengoreksi susunan cerita
|
|
استيقظ من النوم في الساعة الرابعة ثم أصلى الصبح جماعة في المسجد.
ثم أغتسل بدني. وبعد ذالك أتناول الفطور مع أسرتي.
أذهب إلى المدرسة في الساعة السادسة والنصف.
وأرجع من المدرسة في الساعة الثانية عشرة.
|
|
MENANDAI KOSA KATA (التعرف على معنى المفردات)
- Guru menyiapkan 2 jenis kartu, kartu pertama berisi “pekerjaan” dan kartu kedua berisi “tempat kerja”, contoh: kartu pertama:
Kartu kedua (tempat kerja):
- Setiap siswa mendapat 1 buah kartu
- Setiap siswa diminta mencari pasangan yang cocok dengan kartunya. Ada batasan waktu dan pemberian poin
- Kartu bisa di kocok ulang agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dengan sebelumnya
TEKA-TEKI (الكلمة وتعريفها)
- Guru menuliskan (deskripsi) pertanyaan di papan tulis.
- Siswa dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok diberi sejumlah kartu yang sama yang berisikan kosa kata penjelas (kata kunci) dari deskripsi
- Setiap kelompok diminta untuk memikirkan deskripsi dan kosakata dalam kartu yang dibawanya sampai menemukan jawaban yang sesuai
- guru memberikan batasan waktu kepada masing-masing kelompok untuk menebak teka-teki tersebut.
Contoh: deskripsi:
ما هو الشيء الذي يجري بلا أرجل؟
contoh kata kunci:
LAKUKAN!(إطاعة الأوامر)
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin di capai
- Guru menyajikan materi
- Guru menyiapkan 4 buah kartu perintah, contoh:
- Guru meminta 8 orang siswa untuk maju ke depan kelas. 4 siswa bertugas membaca dan 4 siswa yang lain mempraktekkannya. Siswa yang lainnya mengevaluasi.
1 komentar:
I really appreciate your support on this.
Look forward to hearing from you soon.
I’m happy to answer your questions, if you have any.
คาสิโนออนไลน์
เล่นบาคาร่า
เล่นบาคาร่า
Post a Comment