Home » » TEKNIK PERMAINAN BAHASA UNTUK KEMAHIRAN MENULIS [Baca selanjutnya...]

TEKNIK PERMAINAN BAHASA UNTUK KEMAHIRAN MENULIS [Baca selanjutnya...]

Unknown | 9:55 PM | 0 komentar


)ARABICKASET REKAMAN ( الإملاء
  • Langkah- langkah
  1. Guru memilih teks yang sesuai dengan pebelajar
  2. Guru membacakan atau memperdengarkan teks tersebut dengan kecepatan tertentu
  3. Guru mengulangi membacakan atau memperdengarkan teks (@ kalimat)
  4. Siswa menulis kalimat yang dibacakan
  5. Guru mengulangi bacaan teks secara cepat
  6. Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja siswa
  • Contoh
    1. Untuk TK
  • Guru menyajikan teks berupa huruf Hijaiyah, seperti ب،ت،ث،ن , atau sesuai dengan huruf yang akan diajarkan
  • Seterusnya sesuai dengan langkah yang ditentukan
    1. Untuk SD/MI (kelas IV)
      • Guru menyajikan teks seperti dibawah ini
النظافة
قال المعلم: النظافة من الإيمان. فكن حريصا على نظافة جسمك وملابسك، واغسل يديك قبل الأكل، وبعده. والذي يقول الحق يكون نظيف اللسان.
  • Selanjutnya, guru melaksanakan kegiatan sesuai dengan langkah-lang tersebut

  • MENGISI HURUF YANG HILANG ( الحروف الناقصة )
    • Langkah-langkah
  1. Guru membagikan teks yang belum lengkap
  2. Guru membacakan teks atau menunjukkan dengan bantuan gambar atau benda lain
  3. Siswa mengisi kata yang belum lengkap
  4. mengoreksi hasil kerja bersama

  • Contoh
    1. Untuk TK
  1. Untuk SD/MI
1- اشتري ...............جديدة                 2- ركب أبي................
 
  • TEKA TEKI SILANG ( الكلمات المتقاطعة )
  • TTS dapat berupa media yang berukuran besar atau berupa lembaran-lembaran yang dibagikan kepada siswa
  • Contoh
ةرطسمف
  ذملق
ةبيقح 
         
  1. Untuk TK
      2.Untuk SD/MI

               PERMAINAN HURUF HIJAIYAH (ألعاب الحروف )
  • Tiga Kata Modal, contoh
    • Guru menulis tiga huruf lepas pada papan tulis,
misalnya ب ع  ل    
  • Siswa diminta menulis sebanyak mungkin kata yang terdiri dari tiga huruf modal tersebut, misalnya kata tersebut dikembangkan  menjadi علب،بعل،بلع  dan seterusnya
  • Guru menunjuk siswa secara acak untuk menulis hasil kerjanya pada papan tulis
  • Jika ada siswa menemukan kata lain yang belum tertulis, maka diberi waktu untuk menulis kata tersebut pada papan tulis

  • Satu Kata Modal
    • Guru menulis kata yang terdiri dari tiga huruf pada papan tulis misalnya جلس
    • Siswa diminta untuk menulis kata baru sebanyak mungkin dengan cara mengganti salah satu huruf pembentuk kata tersebut. Misalnya dengan kata modal جلس, siswa dapat membentuk kata-kata baru berikut ini
  (جلب، جلد، جرس)  ó "جلس"
  • Guru menunjuk siswa secara acak, dan meminta siswa tersebut menulis kata modal yang lain,
  • Kesimpulan

  • Rantai kata
    • Guru menulis satu kata yang terdiri atas tiga huruf pada papan tulis, misalnya "خاف"
    • Siswa diminta untuk menulis kata baru sebanyak mungkin dengan menggunakan huruf akhir kata tersebut sebagai modal membuat kata selanjutnya. Misalnya dengan kata modal"حرف" siswa dapat membentuk kata-kata baru berikut ini
    • Guru menunjuk siswa secara acak, dan meminta siswa tersebut menulis hasil kerjanya pada papan tulis, atau berurutan sesuai tempat duduk, setiap siswa menulis satu kata
(فأر، رمح، حرب...) ó "حرف"
  • Catatan : apabila kata modal berupa kata benda yang diminta dari siswa juga berupa kata benda, demikian juga apabila kata kerja

  • DIARYKU (Diaries)
    • Guru meminta siswa untuk menyiapkan buku kecil yang khusus untuk tugas ini
    • Siswa diminta untuk menulis minimal satu kalimat tentang pengalaman selama satu minggu sebelum pertemuan Mata Pelajaran Bahasa Arab dikelas
    • Guru akan memeriksa hasil kerja siswa setiap minggu (pertemuan)
    • Kesimpulan



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment