)KASET REKAMAN ( الإملاء
- Langkah- langkah
- Guru memilih teks yang sesuai dengan pebelajar
- Guru membacakan atau memperdengarkan teks tersebut dengan kecepatan tertentu
- Guru mengulangi membacakan atau memperdengarkan teks (@ kalimat)
- Siswa menulis kalimat yang dibacakan
- Guru mengulangi bacaan teks secara cepat
- Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja siswa
- Contoh
- Untuk TK
- Guru menyajikan teks berupa huruf Hijaiyah, seperti ب،ت،ث،ن , atau sesuai dengan huruf yang akan diajarkan
- Seterusnya sesuai dengan langkah yang ditentukan
- Untuk SD/MI (kelas IV)
- Guru menyajikan teks seperti dibawah ini
- Untuk SD/MI (kelas IV)
قال المعلم: النظافة من الإيمان. فكن حريصا على نظافة جسمك وملابسك، واغسل يديك قبل الأكل، وبعده. والذي يقول الحق يكون نظيف اللسان.
- Selanjutnya, guru melaksanakan kegiatan sesuai dengan langkah-lang tersebut
- MENGISI HURUF YANG HILANG ( الحروف الناقصة )
- Langkah-langkah
- Guru membagikan teks yang belum lengkap
- Guru membacakan teks atau menunjukkan dengan bantuan gambar atau benda lain
- Siswa mengisi kata yang belum lengkap
- mengoreksi hasil kerja bersama
- Contoh
- Untuk TK
- Untuk SD/MI
- TEKA TEKI SILANG ( الكلمات المتقاطعة )
- TTS dapat berupa media yang berukuran besar atau berupa lembaran-lembaran yang dibagikan kepada siswa
- Contoh
ة | ر | ط | س | م | ف | |||
ذ | م | ل | ق | |||||
ة | ب | ي | ق | ح | ||||
- Untuk TK
PERMAINAN HURUF HIJAIYAH (ألعاب الحروف )
- Tiga Kata Modal, contoh
- Guru menulis tiga huruf lepas pada papan tulis,
- Siswa diminta menulis sebanyak mungkin kata yang terdiri dari tiga huruf modal tersebut, misalnya kata tersebut dikembangkan menjadi علب،بعل،بلع dan seterusnya
- Guru menunjuk siswa secara acak untuk menulis hasil kerjanya pada papan tulis
- Jika ada siswa menemukan kata lain yang belum tertulis, maka diberi waktu untuk menulis kata tersebut pada papan tulis
- Satu Kata Modal
- Guru menulis kata yang terdiri dari tiga huruf pada papan tulis misalnya جلس
- Siswa diminta untuk menulis kata baru sebanyak mungkin dengan cara mengganti salah satu huruf pembentuk kata tersebut. Misalnya dengan kata modal جلس, siswa dapat membentuk kata-kata baru berikut ini
- Guru menunjuk siswa secara acak, dan meminta siswa tersebut menulis kata modal yang lain,
- Kesimpulan
- Rantai kata
- Guru menulis satu kata yang terdiri atas tiga huruf pada papan tulis, misalnya "خاف"
- Siswa diminta untuk menulis kata baru sebanyak mungkin dengan menggunakan huruf akhir kata tersebut sebagai modal membuat kata selanjutnya. Misalnya dengan kata modal"حرف" siswa dapat membentuk kata-kata baru berikut ini
- Guru menunjuk siswa secara acak, dan meminta siswa tersebut menulis hasil kerjanya pada papan tulis, atau berurutan sesuai tempat duduk, setiap siswa menulis satu kata
- Catatan : apabila kata modal berupa kata benda yang diminta dari siswa juga berupa kata benda, demikian juga apabila kata kerja
- DIARYKU (Diaries)
- Guru meminta siswa untuk menyiapkan buku kecil yang khusus untuk tugas ini
- Siswa diminta untuk menulis minimal satu kalimat tentang pengalaman selama satu minggu sebelum pertemuan Mata Pelajaran Bahasa Arab dikelas
- Guru akan memeriksa hasil kerja siswa setiap minggu (pertemuan)
- Kesimpulan
0 komentar:
Post a Comment