Home » » PERMAINAN BAHASA UNTUK KEMAHIRAN ISTIMA’

PERMAINAN BAHASA UNTUK KEMAHIRAN ISTIMA’

Unknown | 5:22 AM | 0 komentar

  1. الإشاعات (BISIK BERANTAI)
Langkah-langkah:
  1. guru menulis cerita pendek atau pesan pada kartu,
  2. guru membisikkan pesan itu pada siswa urutan pertama,
  3. siswa pertama tersebut membisikkan pada teman-temannya sampai pesan tersebut diterima oleh siswa yang paling akhir,
  4. siswa yang paling akhir menulis pesan yang telah diterima tersebut di papan tulis.
  5. guru mengoreksi pesan tersebut dengan pesan yang asli (yang pertama),
  6. mendiskusikan tentang sebab berubahnya pesan.

Untuk anak TK
  1. guru membuat kartu gambar dan kata. Misalnya
  2. guru membagi 3 kelompok,
  3. guru membisikkan kata yang ada di kartu
dengan memperlihatkan kartu pada siswa urutan pertama,
  1. siswa pertama membisikkan pada siswa selanjutnya sampai siswa yang paling belakang,
  2. siswa yang paling belakang mengucapkan kata yang diterima dan bisa juga dengan meminta untuk mengambil barang yang dimaksud,
  3. kelompok yang benar mendapatkan hadiah.

Untuk anak MI
  1. guru menulis kalimat sederhana pada kartu: يأكل أحمد,
  2. guru membagi 3 kelompok,
  3. guru membisikkan kalimat yang ada di kartu pada siswa urutan pertama,
  4. siswa pertama membisikkan pada siswa selanjutnya sampai siswa yang paling belakang,
  5. siswa yang paling belakang mengucapkan kata yang diterima,
  6. kelompok yang benar mendapatkan hadiah.

  1. ) ما موضوع الحديث؟APA NAMANYA?(
Langkah-langkah:
  1. guru mendeskripsikan benda dengan menyebutkan sifat-sifat benda tersebut dengan jelas, misalnya: tempatnya dimana?, terbuat dari apa? dan lain-lain.
  2. siswa menulis nama benda tesebut sesuai dengan apa yang disebutkan guru.
  3. guru juga bisa menggunakan kaset sebagai alat bantu dan siswa menjawab pertanyaan yang ada. Siswa harus berusaha mengetahui apa nama benda tersebut

Untuk anak TK
  1. guru menyebutkan ciri-ciri benda atau hewan dengan bahasa Indonesia dan siswa diminta untuk menjawab dengan bahasa Arab, contoh: hewan apa yang hidungnya panjang, matanya sipit dan telinganya lebar? ”فيل”
  2. guru bisa memberi hadiah pada siswa yang jawabannya benar.

Untuk anak MI
  1. guru menyebutkan ciri-ciri dari suatu benda, contoh: بماذا تأكل؟
  2. siswa menebak dengan bahasa Arab,"ملعقة"
  3. jika benar, guru bisa memberi hadiah.


  1. التعريف على الشيء (MENGENALI SESUATU)
Langkah-langkah:
  1. guru meletakkan sekelompok benda kecil di depan para siswa, misalnya: pensil, penghapus, buku dan sebagainya,
  2. guru menyebutkan salah satu sifat benda tersebut,
  3. siswa harus mengenali benda yang telah disebutkan oleh guru tadi
  4. siswa memilih, mengambil dan menyebutkan benda tersebut sambil menunjukkan pada temannya.

Untuk anak TK
  1. guru meletakkan sekelompok benda kecil di depan para siswa, misalnya: pensil, penghapus, buku dan sebagainya,
  2. guru menyebutkan salah satu benda tersebut dengan bahasa Arab, contoh: "مرسم"
  3. siswa mengambil benda yang dimaksud, sambil menyebutkan benda tersebut "مرسم".
 Untuk anak MI
  1. guru meletakkan sekelompok benda kecil di depan para siswa, misalnya: pensil, penghapus, buku dan sebagainya atau berupa buah-buahan,
  2. guru menyebutkan salah satu sifat benda tersebut: لونه أصفروهو طويل؟
  3. siswa harus mengenali benda yang telah disebutkan oleh guru tadi,
  4. siswa memilih, mengambil dan menyebutkan benda tersebut sambil menunjukkan pada temannya, "موز".

  1. الأحاجي (TEKA-TEKI (PUZZLE))
Langkah-langkah:      guru mendeskripsikan sifat benda dan siswa menjawab nama benda yang dimaksud guru .
Misalnya:
  1. ما الشيء الذي يزداد حجما كلما أخذنا أجزاء منه؟ (الحفرة).
  2. له أربعة أرجل ولكنه لا يستطيع الحركة، يريح الواقف ويحتضن الجالس؟ (المقعد).
  3. له أذن واحدة ولكنه لا يسمع صوت السائل الذي يصب فيه؟ (فنجان الشاي).

Catatan:   Untuk permainan ini jika diberikan pada anak TK dan MI hampir sama dengan permainan yang diatas (ما موضوع الحديث؟).

  1. إطاعة الأوامر (MELAKSANAKAN PERINTAH)
  2. Langkah-langkah:
    1. guru meminta siswa membentuk kelompok-kelompok.
    2. guru memberi perintah: ”افتح النافدة، وحرك المقعد الموجود بجوارها إلى جانب منضده المعلم ثم اجلس عليه وضع سافا فوق الأخرى!
    3. jika mampu melaksanakan perintah guru, maka dia berhak memerintah teman yang lain,
    4. jika tidak mampu, maka guru menanyakan kepada siswa yang lain.  
    5. Langkah-langkah:
    6. siswa membuat gambar sederhana berdasarkan perintah guru. Misalnya guru meminta siswa menggambar pada kertas persegi panjang ukuran 5 x 10 cm, sebelah kiri dan kanan kertas tersebut digambar pohon. Diantara kedua pohon tersebut terbentang seutas tali dan di atasnya seekor burung,
    7. guru membandingkan apa yang telah digambar siswa dan apa yang diinginkan guru,
    8. jika ada perbedaan, siswa mendiskusikan penyebabnya dan membenarkannya.
    9. Langkah-langkah:
    10. guru juga bisa menggunakan peta untuk permainan ini. Misalnya sebuah peta yang menjelaskan daerah Kairo. Seperti pada gambar dibawah ini:
  1. guru meminta siswa mengikuti langkah turis yang berada di hotel burj, perintah ini bisa menggunakan kaset. Perintahnya adalah:
أمر التلاميذ ليتبعوا خطوات سائح كان يقيم في فندق البرج منه ذات يوم وعير كوبري التحرير ثم انعطف يسارا في كورنيش النيل مارا يفندق الهلتون وانعطف يمينا في أول شارع قابله بعد ذلك. فما اسم المبنى الذي وصل اليه بعد ان سار خطوات قليلة في هذا الانجاه؟ 
”Suatu hari turis keluar dari hotel burj, belok ke kiri menuju hotel hilton di jalan Kurinch Nil, setelah itu dia belok ke kanan menemukan jalan pertama. Apa nama gedung yang dia temukan di jalan tersebut?
  1. jika siswa bisa menjawab pertanyaan tersebut ”museum/ المتحف” maka siswa itu paham dengan apa yang disampaikan guru, jika salah maka sebaliknya,
  2. permainan ini juga bisa dilakukan dengan cara langsung. Yaitu siswa mengikuti langkah-langkah yang disampaikan guru.


Catatan:         Permainan nomer lima ini, untuk anak TK dan MI kami mengambil satu contoh dari salah satu bentuk yang diatas.


Untuk anak TK:
  1. guru memberikan perintah sederhana pada siswa, contoh: افتح الباب!,
  2. siswa yang diminta, melaksanakan perintah guru.

Untuk anak MI
  1. guru memberikan perintah sederhana pada siswa, contoh:
افتح الباب،ثم اجلس!
  1. siswa yang diminta, melaksanakan perintah guru.

Permainan bahasa ini sangat bermanfaat bagi siswa yakni menghilangkan rasa jenuh. Partisipasi siswa dalam permainan sangat membantu dalam proses belajar mengajar, memberikan kepada mereka kesempatan melakukan kegiatan. Permainan bahasa bisa menggunakan tempat alami dan sebagai media berkomunikasi.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment