para sobat pecinta bahasa Arab dibawah ini adalah cara berhitung bahasa Arab yang sering digunakan dalam berbagai hal. mulai dari angka dasar sampai merangkai angka tingkat atas yang dihubungkan dengan benda dalam jumlah hitungan .;oke para sobat silah dicoba dan dihafalkan semoga bermanfaat...dan sukses
Angka (العدد)
Angka
Dasar
الرقم
|
العدد
|
الرقم
|
العدد
|
الرقم
|
العدد
|
الرقم
|
العدد
|
1
|
واحد
|
11
|
أحد
عشر
|
21
|
واحد
و عشرون
|
10
|
عشر
|
2
|
اثنان
|
12
|
اثنان
عشر
|
22
|
اثنان
و عشرون
|
20
|
عشرون
|
3
|
ثلاثة
|
13
|
ثلاثة
عشر
|
23
|
ثلاثة
و عشرون
|
30
|
ثلاثون
|
4
|
أربعة
|
14
|
أربعة
عشر
|
24
|
أربعة
و عشرون
|
40
|
اربعون
|
5
|
خمسة
|
15
|
خمسة
عشر
|
25
|
خمسة
و عشرون
|
50
|
خمسون
|
6
|
ستة
|
16
|
ستة
عشر
|
26
|
ستة
و عشرون
|
60
|
ستون
|
7
|
سبعة
|
17
|
سبعة
عشر
|
27
|
سبعة
و عشرون
|
70
|
سبعون
|
8
|
ثمانية
|
18
|
ثمانية
عشر
|
28
|
ثمانية
و عشرون
|
80
|
ثمانون
|
9
|
تسعة
|
19
|
تسعة
عشر
|
29
|
تسعة
و عشرون
|
90
|
تسعون
|
10
|
عشرة
|
20
|
عشرون
|
30
|
ثلاثون
|
|
|
الرقم
|
العدد
|
الرقم
|
العدد
|
الرقم
|
العدد
|
100
|
مائة
|
1000
|
ألف
|
10
|
عشرة
|
200
|
مائتان
|
2000
|
ألفان
|
100
|
مائة
|
300
|
ثلاثمائة
|
3000
|
ثلاثة
آلاف
|
10,000
|
عشرة
آلاف
|
400
|
اربعمائة
|
4000
|
اربعة
آلاف
|
100,000
|
مائة
آلاف
|
500
|
خمسمائة
|
5000
|
خمسة
آلاف
|
1,000,000
|
مليون
|
600
|
ستمائة
|
6000
|
ستة
آلاف
|
10,000,000
|
عشرة
ملايين
|
700
|
سبعمائة
|
7000
|
سبعة
آلاف
|
100,000,000
|
مائة
مليون
|
800
|
ثمانمائة
|
8000
|
ثمانية
آلاف
|
1000,000,000
|
مليار
|
900
|
تسعمائة
|
9000
|
تسعة
آلاف
|
10,000,000,000
|
عشرة
مليارات
|
|
|
10,000
|
عشرة
آلاف
|
100,000,000,000
|
مائة
مليار
|
|
|
|
|
1,000,000,000,000
|
بليون
|
Catatan:
Cara baca
angka-angka dasar ini harus dikuasai dengan baik, karena menjadi kunci kaedah
‘adad ma’dud.
1.
Angka 31-99
seperti 21-29, contoh
الرقم
|
العدد
|
31
|
واحد
و ثلاثون
|
88
|
ثمانية
و ثمانون
|
99
|
تسعة
و تسعون
|
2.
Seratus, juta,
milyar dan trilyun, apabila digandeng dengan puluhan dan satuan, maka urutan
susunannya dimulai dari yang besar yaitu trilyun, milyar, juta kemudian
ratusan.
الرقم
|
العدد
|
119
|
مائة
و تسعة عشر
|
2,345
|
ألفان
و ثلامائة و خمسة و أربعون
|
42,679
|
اثنان
و أربعون ألفا و ستمائة و تسعة و سبعون
|
(العدد و المعدود)
Adapun ‘adad adalah
angka, sedangkan ma’dud adalah benda yang dihitung.
الجملة
|
العدد
|
المعدود
|
مائة طالب
|
مائة
|
طالب
|
ثلاثة مدرسين
|
ثلاثة
|
مدرسين
|
عشرة آلاف روبية
|
عشرة آلاف
|
روبية
|
Perhatikan
الرقم
|
المذكر
|
المؤنث
|
1
|
طالب واحد
|
طالبة واحدة
|
2
|
طالبان اثنان
|
طالبتان اثنتان
|
Catatan:
1. ‘Adad
berada dibelakang ma’dud.
2. ‘Adad
sesuai dengan ma’dud dari segi mudzakkar dan mu’annats.
Adapun untuk mudzakkar menggunaka واحد dan اثنان. Sedangkan untuk mu’annats menggunakan واحدة dan اثنتان.
المؤنث
|
المذكر
|
الرقم
|
ثلاث طالبات
|
ثلاثة طلاب
|
3
|
أربع طالبات
|
أربعة طلاب
|
4
|
خمس طالبات
|
خمسة طلاب
|
5
|
ست طالبات
|
ستة طلاب
|
6
|
سبع طالبات
|
سبعة طلاب
|
7
|
ثمانى طالبات
|
ثمانية طلاب
|
8
|
تسع طالبات
|
تسعة طلاب
|
9
|
عشر طالبات
|
عشرة طلاب
|
10
|
Catatan
1. ‘Adad 3-10 berlawanan dengan ma’dud dari segi mudzakkar dan mu’annats.
a. Untuk ma’dud mudzakkar maka yang digunakan ‘adad mu’annats ثلاثة، أربعة…………….
b. Untuk ma’dud mu’annats maka yang digunakan ‘adad mudzakkar أربع، ثلاث……..
2. Ma’dud 3-10 berbentuk jama’
3. Susunan ‘adad dan ma’dud terdapat jawal berikut:
المؤنث
|
المذكر
|
الرقم
|
إحدى عشرة طالبة
|
أحد عشر طالبا
|
11
|
اثنتا عشرة طالبة
|
اثنان عشر
طالبا
|
12
|
ثلاث عشرة طالبة
|
ثلاثة عشر طالبا
|
13
|
أربع عشرة طالبة
|
أربعة عشر طالبا
|
14
|
خمس عشرة طالبة
|
خمسة عشر طالبا
|
15
|
ست عشرة طالبة
|
ستة عشر طالبا
|
16
|
سبع عشرة طالبة
|
سبعة عشر طالبا
|
17
|
ثمانى عشرة طالبة
|
ثمانية عشر طالبا
|
18
|
تسع عشرة طالبة
|
تسعة عشر طالبا
|
19
|
Catatan:
1. ‘Adad 11-12 sesuai dengan ma’dud dari segi mudzakkar dan mu’annats.
a. Untuk mudzakar menggunakan أحد عشر dan اثنا عشر.
b. Untuk mu’annats menggunakan إحدى عشرة dan اثنا عشرة.
2. ‘Adad 13 – 19
a. ‘Adad puluhannya sesuai dengan ma’dud segi mudzakkar dan mu’annats.
Untuk mudzakkar عشر dan mu’annats عشرة.
b. ‘Adad satuannya berlawanan dengan ma’dud dari segi mudzakkar dan
mu’annats. Untuk mudzakkar digunakan تسعة.........أربعة، ثلاثة, untuk mu’annats تسع.......أربع، ثلاث.
3. Ma’dud 11-19 mufrad manshub
المؤنث
|
المذكر
|
الرقم
|
عشرون طالبةً
|
عشرون طالباً
|
20
|
ثلاثون طالبةً
|
ثلاثون طالباً
|
30
|
أربعون طالبةً
|
أربعون طالباً
|
40
|
خمسون طالبةً
|
خمسون طالباً
|
50
|
ستون طالبةً
|
ستون طالباً
|
60
|
سبعون طالبةً
|
سبعون طالباً
|
70
|
ثمانون طالبةً
|
ثمانون طالباً
|
80
|
تسعون طالبةً
|
تسعون طالباً
|
90
|
Catatan :
1. ‘Adad puluhan 20-90 berbentuk sama untuk mudzakkar dan mu’annats.
2. Ma’dud puluhan 20-90 mufrad mansub.
المؤنث
|
المذكر
|
الرقم
|
واحدة و عشرون طالبةً
|
واحد و عشرون طالبا
|
21
|
اثنتان و عشرون طالبةً
|
اثنان و عشرون طالبا
|
22
|
ثلاث و عشرون طالبةً
|
ثلاثة و عشرون طالبا
|
23
|
أربع و عشرون طالبةً
|
أربعة و عشرون طالبا
|
24
|
خمس و عشرون طالبةً
|
خمسة و عشرون طالبا
|
25
|
ست و عشرون طالبةً
|
ستة و عشرون طالبا
|
26
|
سبع و عشرون طالبةً
|
سبعة و عشرون طالبا
|
27
|
ثمان و عشرون طالبةً
|
ثمانية و عشرون طالبا
|
28
|
تسع و عشرون طالبةً
|
تسعة و عشرون طالبا
|
29
|
Catatan :
1. ‘Adad 21 – 29
a. ‘Adad satuan 1 dan 2 sesuai dengan ma’dud. Untuk mudzakkar واحد dan اثنان dan untuk mu’annats واحد dan اثنتان.
b. ‘Adad satuan 3-9 berlawanan dengan ma’dud. Untuk mudzakkar تسعة.............أربعة، ثلاثة dan untuk mu’annats تسع.........أربع، ثلاث.
2. ‘Adad 20 tidak berubah
3. Ma’dud 21-29 adalah mufrad mansub.
المؤنث
|
المذكر
|
الرقم
|
واحدة و ثلاثون طالبة
|
واحد و ثلاثون طالبا
|
31
|
ثمان و ثمانون طالبة
|
ثمانية و ثمانون طالبا
|
88
|
تسع و تسعون طالبة
|
تسعة و تسعون طالبا
|
99
|
Catatan:
‘Adad dan ma’dud 31-99 sama dengan ‘adad dan ma’dud 21-29
المؤنث
|
المذكر
|
الرقم
|
مائة طالبة
|
مائة طالب
|
100
|
مائتا طالبة
|
مائتا طالب
|
200
|
ثلاثمائة طالبة
|
ثلاثمائة طالب
|
300
|
أربعمائة طالبة
|
أربعمائة طالب
|
400
|
خمسمائة طالبة
|
خمسمائة طالب
|
500
|
0 komentar:
Post a Comment