Home » » Kesadaran Dengan memanfaatkan Lahan Pekarangan Sebagai Motivasi Ramadhan.

Kesadaran Dengan memanfaatkan Lahan Pekarangan Sebagai Motivasi Ramadhan.

Unknown | 9:06 AM | 0 komentar

Dalam kesempatan ini saya ingin ingi bercerita fenomena di desa seperjalan menuju kampus saya mengabdi. Saya sangat bersyukur ternyata masyarakat desa yang saya lalui sudah semakin sadar akan manfaat lahan

pekarangan, mayoritas pemanfaatan lahan tersebut ditanami buah naga, buah jeruk, singkong dan lain lain. Dengan  menanam tersebut harapan masyarakat bisa membantu ekonomi atau pemasukan mereka setiap hari, akan tetapi apa yang saya lihat ternyata tanaman yang mereka miliki hanya bisa mendapatkan 20% walaupun seperti itu mayoritas mereka sudah merasa bersyukur.
Kalau kita lihat pendapatan 20% dari hasil tanaman pekarangan yang mereka manfaatkan, sangatlah baik untuk dikembangkan dengan lahan tambahan yang belum dimanfaatkan. Selain lahan yang dimanfaatkan, mereka juga menggunakan pot bunga untuk mengembangkan tanaman mereka agar hasil juga bisa lebih.
Fenomena di atas, saya sangat mengagumi kesadaran  mereka karena dalam memanfaatkan lahan pekarangan Hal tersebut sebenarnya sangat baik untuk dicontoh oleh kita semua untuk memanfaatkan kesempatan yang ada.
Pada bulan ini kita sudah memasuki pertengan ramadhan tentunya kesempatan kita untuk bertemu dengan bulan ramadhan tinggal  sedikit lagi. Akan tetapi yang membuat aneh dalam pikiran saya kenapa banyak masyarakat yang belum sadar akan kesempatan yang singkat ini.
Padahal Kesempatan yang dimanfaatkan oleh mayoritas masyarakat di atas, kalau kita ambil hikmahnya yaitu andai kata masyarakat sadar dengan bulan ramadhan dengan mencontoh fenomena masyarakat di atas pasti pahala dan ridho Tuhan pasti akan meningkat, bahkan lebih meninggkat .
Semoga bermanfaat.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment