Home » » belajar bahasa Arab dengan bermain Ide ide Cerdas

belajar bahasa Arab dengan bermain Ide ide Cerdas

Unknown | 9:07 PM | 0 komentar


Tujuan

Ø  Mendorong partisipasi peserta

Ø  Membuat peserta berfikir dan berbicara tentang masalah-masalah yang umum

Waktu

Selama 5 menit ditambah 2-5 menit untuk setiap peserta

Jumlah Peserta

Tidak dibatasi, tetapi perlu dibentuk subkelompok jika terdapat lebih dari 20 peserta.

Media

Tiga set kartu nilai ( kartu yang bertuliskan angka 1-10). Di persiapkan untuk juri dari teman sebaya mereka.

Strategi Bermain

v  Di bagian akhir hari pertama, berikan suatu masalah kepada peserta untuk dipikirkan dan mintalah mereka memberikan solusi keesokan paginya. Masalah tersebut sebaiknya relevan dengan semua peserta. Akan berjalan lebih baik jika kisaran topiknya merupakan bagian dari pengalaman pribadi mereka.

v  Di awal hari kedua pilihlah tiga orang juri dari kelompok tersebut dan berikan masing-masing satu set kartu nilai. Tempatkan mereka di depan ruangan.

v  Peserta  kemudian harus memberikan satu solusi secara bergiliran. Setelah peserta mengemukakan idenya, para juri menunjukkan kartu yang mereka pilih sebagai nilai untuk ide tersebut, 10 adalah penghargaan tertinggi dari masing-masing juri.

v  Setelah seluruh peserta memberikan solusi mereka, cek nilai dan umumkan pemenangnya.

Poin Diskusi

v  Siapa yang memperoleh solusi baru yang tidak dipertimbangkan sebelumnya?

v  Pada saat orang mendengar solusi dari peserta lain, apakah mereka berpikir tentang solusi atau cara lain yang mungkin dapat memperbaiki ide-ide mereka?

v  Mengambil hikmah / pelajaran dari peristiwa yang telah di alami temannya itu.

v  Belajar mencari dan memecahkan solusi dari setiap problem yang ada.

Variasi

v  Dapat dibentuk beberapa tim dan berikan masalah yang berbeda untuh dipecahkan .

v  Ketika masing-masing tim mempresentasikan solusinya, tim yang lain menilai solusi yang di ajukan.

 Tujuan



Ø  Mendorong partisipasi peserta

Ø  Membuat peserta berfikir dan berbicara tentang masalah-masalah yang umum

Waktu

Selama 5 menit ditambah 2-5 menit untuk setiap peserta

Jumlah Peserta

Tidak dibatasi, tetapi perlu dibentuk subkelompok jika terdapat lebih dari 20 peserta.

Media

Tiga set kartu nilai ( kartu yang bertuliskan angka 1-10). Di persiapkan untuk juri dari teman sebaya mereka.

Strategi Bermain

v  Di bagian akhir hari pertama, berikan suatu masalah kepada peserta untuk dipikirkan dan mintalah mereka memberikan solusi keesokan paginya. Masalah tersebut sebaiknya relevan dengan semua peserta. Akan berjalan lebih baik jika kisaran topiknya merupakan bagian dari pengalaman pribadi mereka.

v  Di awal hari kedua pilihlah tiga orang juri dari kelompok tersebut dan berikan masing-masing satu set kartu nilai. Tempatkan mereka di depan ruangan.

v  Peserta  kemudian harus memberikan satu solusi secara bergiliran. Setelah peserta mengemukakan idenya, para juri menunjukkan kartu yang mereka pilih sebagai nilai untuk ide tersebut, 10 adalah penghargaan tertinggi dari masing-masing juri.

v  Setelah seluruh peserta memberikan solusi mereka, cek nilai dan umumkan pemenangnya.

Poin Diskusi

v  Siapa yang memperoleh solusi baru yang tidak dipertimbangkan sebelumnya?

v  Pada saat orang mendengar solusi dari peserta lain, apakah mereka berpikir tentang solusi atau cara lain yang mungkin dapat memperbaiki ide-ide mereka?

v  Mengambil hikmah / pelajaran dari peristiwa yang telah di alami temannya itu.

v  Belajar mencari dan memecahkan solusi dari setiap problem yang ada.

Variasi

v  Dapat dibentuk beberapa tim dan berikan masalah yang berbeda untuh dipecahkan .

v  Ketika masing-masing tim mempresentasikan solusinya, tim yang lain menilai solusi yang di ajukan.

 Tujuan
Ø  Mendorong partisipasi peserta
Ø  Membuat peserta berfikir dan berbicara tentang masalah-masalah yang umum
Waktu
Selama 5 menit ditambah 2-5 menit untuk setiap peserta
Jumlah Peserta
Tidak dibatasi, tetapi perlu dibentuk subkelompok jika terdapat lebih dari 20 peserta.
Media
Tiga set kartu nilai ( kartu yang bertuliskan angka 1-10). Di persiapkan untuk juri dari teman sebaya mereka.
Strategi Bermain
v  Di bagian akhir hari pertama, berikan suatu masalah kepada peserta untuk dipikirkan dan mintalah mereka memberikan solusi keesokan paginya. Masalah tersebut sebaiknya relevan dengan semua peserta. Akan berjalan lebih baik jika kisaran topiknya merupakan bagian dari pengalaman pribadi mereka.
v  Di awal hari kedua pilihlah tiga orang juri dari kelompok tersebut dan berikan masing-masing satu set kartu nilai. Tempatkan mereka di depan ruangan.
v  Peserta  kemudian harus memberikan satu solusi secara bergiliran. Setelah peserta mengemukakan idenya, para juri menunjukkan kartu yang mereka pilih sebagai nilai untuk ide tersebut, 10 adalah penghargaan tertinggi dari masing-masing juri.
v  Setelah seluruh peserta memberikan solusi mereka, cek nilai dan umumkan pemenangnya.
Poin Diskusi
v  Siapa yang memperoleh solusi baru yang tidak dipertimbangkan sebelumnya?
v  Pada saat orang mendengar solusi dari peserta lain, apakah mereka berpikir tentang solusi atau cara lain yang mungkin dapat memperbaiki ide-ide mereka?
v  Mengambil hikmah / pelajaran dari peristiwa yang telah di alami temannya itu.
v  Belajar mencari dan memecahkan solusi dari setiap problem yang ada.
Variasi
v  Dapat dibentuk beberapa tim dan berikan masalah yang berbeda untuh dipecahkan .
v  Ketika masing-masing tim mempresentasikan solusinya, tim yang lain menilai solusi yang di ajukan.





Share this article :

0 komentar:

Post a Comment