Home » » bersyukur prespektif Imam Ghazali

bersyukur prespektif Imam Ghazali

Unknown | 10:11 PM | 0 komentar


Bersyukur merupakan sebuah hal yang harus dilakukan dalam setiap hal ketika, senang, susuh, gembira,
disaat lagi punya uang atau tidak, tapi melakukan itu semua sungguh setiap orang pasti mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda beda.
dalam melakukan rasa syukur itu sendiri, tulisan yang singkat ini akan membahasa bersyukur dalam prespektik Imam Ghazali, seorang tokok ilmuan yang yang sudah tidak asing lagi ditengah tengah kita, Imam Ghazali mengatakan bahwa bersyukur merupakan maqoomaat assaalikiin yaitu merupakan suatu ibadah yang mempunyai nilai baik dalam melakukannya, bersyukur merupakan runtutan atau rangkuman dari ilmu, hal, dan amal.
Adapun ilmu atau pengetahuan merupakan langkah awal untuk mengetahui dzat  yang memberi nikmat dan sekaligus juga ilmu dapat mendatangkan hal atau keadaan , Hal adalah rasa senang atau bahagia yang dihasilkan dari  dzat yang memberikan nikmat dan hal dapat mendatangkan amal atau pekerjaan, sedangkan amal atau pekerjaan yang dihubungkan dengan hati, anggota  badan dan lisan.
Ketiga tiga hal tersebut diatas dapat mengantarkan seseorang mampu mempunyai rasa syukur. Bersyukur memang harus dilakukan dalam setiap saat, karena insan yang selalu mempunyai rasa syukur dalam kehidupannya pastilah Allah menjadikan hidupnya lebih bermanfaat dan bahagia. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an “Laing Syakartum Laa azidannakum”. Wassalam
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment