Suatu
proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan
berhasil apabila hasilnya memenuhi tujuan instruksional khusus dari
bahan tersebut. Yang menjadi petunjuk bahwa suatu proses belajar
mengajar dianggap berhasil yaitu adanya daya serap terhadap bahan
pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara
individual maupun kelompok dan perilaku yang digariskan dalam tujuan
pengajaran instruksional khusus (TIK) telah dicapai oleh siswa, baik
secara individual maupun kelompok.
Setiap
proses belajar mengajar selalu menghasilkan hasil belajar. Tingkat
keberhasilan proses mengajar tersebut dari Istimewa/maksimal, apabila
seluruh bahan pelajaran yang diajarkan itu dapat dikuasai oleh siswa,
baik sekali/optimal apabila sebagian besar (76% s/d 99%) bahan pelajaran
yang diajarkan dapat dikuasai oleh siswa, baik/minimal apabila bahan
pelajaran yang diajarkan hanya 60% s/d 75% saja dikuasai oleh siswa dan
kurang apabila bahan pelajaran yang diajarkan kurang dari 66% dikuasai
oleh siswa.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan :
- Tujuan. Tujuan adalah pedoman sekaligus sebagai sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar.
- Guru. Guru adalah tenaga pendidik yang memberikan sejumlah ilmu pengetahuan kepada anak didik di sekolah.
- Anak didik. Anak didik adalah orang yang dengan sengaja datang ke sekolah yang merupakan unsur manusiawi yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar serta sebagai hasil dari kegiatan itu yaitu keberhasilan belajar mengajar.
0 komentar:
Post a Comment