Home » » Hubungan antara Supervisi Akademik Kepala Madrasah dengan Kinerja Inovatif Guru

Hubungan antara Supervisi Akademik Kepala Madrasah dengan Kinerja Inovatif Guru

Unknown | 8:28 PM | 0 komentar






Supervisi akademik merupakan pelayanan atau bimbingan profesional bagi guru-guru dengan memberikan bantuan dan dorongan serta kesempatan pada guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam melaksanakan tugas utamanya dengan lebih baik, yaitu memperbaiki proses belajar mengajar dan meningkatkan mutu hasil belajar mengajar.
               Supervisi akademik dalam hal ini mempunyai pengertian yang luas, yaitu segala macam bentuk bantuan dari para pimpinan sekolah/madrasah yang tertuju kepada perkembangan kepemimpinan guru-guru di dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Bantuan tersebut berupa bimbingan, dorongan, dan kesempatan bagi pertumbuhan keahlian dan kecakapan guru-guru. Misalnya bimbingan dalam usaha dan pelaksanaan pembaharuan (inovasi) dalam pendidikan dan pengajaran, pemilihan alat-alat pelajaran dan metode-metode mengajar yang baik terhadap fase dari seluruh proses pengajaran.
               Berdasarkan hasil telaah Neagley dan Evans, Glickman serta Sergiovani menunjukkan bahwa kegiatan supervisi yang termasuk pada kegiatan pengembangan guru dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas, khususnya tugas di pengajaran. Supervisi termasuk fungsi utama kepemimpinan kepala sekolah/madrasah dalam upaya perbaikan pengajaran dengan segala aspek-aspeknya.
               Berdasarkan analisis di atas diduga bahwa supervisi akademik kepala madrasah berhubungan dengan kinerja inovatif guru. Semakin optimal pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah maka kinerja mengajar guru akan semakin tinggi.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment