Supervisi
akademik merupakan pelayanan atau bimbingan profesional bagi guru-guru
dengan memberikan bantuan dan dorongan serta kesempatan pada guru untuk
meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam melaksanakan tugas utamanya
dengan lebih baik, yaitu memperbaiki proses belajar mengajar dan
meningkatkan mutu hasil belajar mengajar.
Supervisi akademik dalam hal ini mempunyai pengertian yang luas, yaitu
segala macam bentuk bantuan dari para pimpinan sekolah/madrasah yang
tertuju kepada perkembangan kepemimpinan guru-guru di dalam mencapai
tujuan-tujuan pendidikan. Bantuan tersebut berupa bimbingan, dorongan,
dan kesempatan bagi pertumbuhan keahlian dan kecakapan guru-guru.
Misalnya bimbingan dalam usaha dan pelaksanaan pembaharuan (inovasi)
dalam pendidikan dan pengajaran, pemilihan alat-alat pelajaran dan
metode-metode mengajar yang baik terhadap fase dari seluruh proses
pengajaran.
Berdasarkan hasil telaah Neagley dan Evans, Glickman serta Sergiovani
menunjukkan bahwa kegiatan supervisi yang termasuk pada kegiatan
pengembangan guru dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dalam
melaksanakan tugas, khususnya tugas di pengajaran. Supervisi termasuk
fungsi utama kepemimpinan kepala sekolah/madrasah dalam upaya perbaikan
pengajaran dengan segala aspek-aspeknya.
Berdasarkan analisis di atas diduga bahwa supervisi akademik kepala
madrasah berhubungan dengan kinerja inovatif guru. Semakin optimal
pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah maka kinerja
mengajar guru akan semakin tinggi.
0 komentar:
Post a Comment