Language is not everything, but everything without language is nothing.
Language (al-lughah), speech (al-kalam), and communication (al-ittisal) merupakan tiga istilah berbeda yang sering tumpang tindih pemahamannya. Tiga istilah ini memiliki cara pengkajian yang berbeda. Karenanya, akan kami uraikan perbedaan tiga istilah tersebut sesuai beberapa referensi yang telah kami baca.
1). DEFINISI BAHASA
- Ibnu Jinny: Sistem bunyi yang digunakan sekelompok masyarakat untuk mengungkapkan tujuannya.
- Ferdinand De Saussure: Sistem simbol bunyi yang ada di hati sekelompok pengguna bahasa untuk merealisasikan komunikasi antar mereka, yang setiap individu memperoleh bahasa dengan cara mendengar dari komunitasnya.
- Kamus Besar Bahasa Indonesia, mendefinisikan bahasa merupakan sistem lambang bunyi berartikulasi (yang dihasilkan alat-alat ucap) yang bersifat sewenang-wenang dan konvensional yang dipakai sebagai alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
2). KARAKTERISTIK BAHASA
Bahasa memiliki beberapa karakteristik, adalah sebagai berikut:
- Simbol Bunyi, merupakan gambaran kehidupan sebuah bahasa. Bunyi bahasa adalah bunyi yang muncul dari manusia dan bukan sembarang bunyi. Dua jenis bahasa,yaitu:
2) muktasabah/diperoleh.
- Simbol Sosial. Karakter sosial bahasa terlihat pada tataran fungsinya sebagai alat komunikasi. Kelompok filsafat rasionalis berpendapat bahwa fungsi pokok bahasa adalah untuk mengungkapkan pikiran dan mentransformasi pengetahuan. Manusia tak mampu berpikir tanpa bantuan bahasa. Bahasa memiliki dua bidang, yaitu:
2) arti: isi yang terkandung di dalam arus bunyi yang menyebabkan reaksi atau tanggapan dari orang lain.
- Bahasa Itu Berubah-ubah, karena selalu terikat kuat dengan masyarakat pengguna bahasa itu. Juga merupakan cerminan kemajuan atau kemunduran peradaban sebuah masyarakat.
- Bahasa Itu Diperoleh. Seorang manusia tidak dilahirkan langsung berbicara, tetapi bahasa akan dia peroleh dari masyarakat tempat di hidup. Bahasa diperoleh melalui dua aspek:
2) aspek pemerolehan yang terencana, berkaitan dengan lingkungan tempat dia tinggal.
- Bahasa Adalah Rangkaian Berbagai Sistem. Setiap bahasa terdiri dari komponen- komponen pembentuk bahasa baik dari fonologi, morfologi, sintaksis, ataupun semantik.
- BERBAHASA
Untuk itu, kami akan menguraikan tentang masalah berbahasa dengan mencermati ayat al-qur’an surat al-baqarah: 75.
- tbqãèyJôÜtGsùr& br& (#qãZÏB÷sã öNä3s9 ôs%ur tb%x. ×,Ìsù öNßg÷YÏiB tbqãèyJó¡o zN»n=2 «!$# ¢OèO ¼çmtRqèùÌhptä .`ÏB Ï÷èt/ $tB çnqè=s)tã öNèdur cqßJn=ôèt ÇÐÎÈ
Kata Kalam Allah tentu hanya menjadi ciri khas Allah saja bukan kalam yang lain, sehingga Kalam itu tidak sama dengan lughah. Namun kalam dan lughah adalah dua sisi dari satu fenomena seperti dua sisi pada mata uang. Bahasa merupakan representasi dari sikap sosial, sedangkan kalam merupakan representasi sikap masing-masing individu dalam masyarakat. Berikut ini kami paparkan perbedaan antara kalam dan lughah menurut Tamam Hasan dalam kitabnya berjudul al-Lughah al-Arabiyah: Ma’naha wa Mabnaha.
اللغة | الكلام | الرقم |
حدود هذا العمل (Batasan dari perbuatan) | عمل (Perbuatan) | 1 |
معايير هذا السلوك (Tolok ukur dari sikap) | سلوك (Sikap) | 2 |
قواعد هذا النشاط( kaidah-kaidah dari aktivitas) | نشاط (Aktivitas) | 3 |
نظام هذه الحركة(Aturan dari gerakan) | حركة (Gerakan) | 4 |
تفهم بالتأمل في الكلامBisa dipahami melalui) perenungan terhadap kalam) | يحس بالسمع نطقا و البصر كتابة (Dapat diindera dengan telinga ketika diucapkan, dan dapat diindera dengan mata ketika ditulis) | 5 |
الموصوفة في كتب القواعد و فقه اللغة و المعجم و غيرها (Aturan-aturan yang dideskripsikan dalam buku-buku qowaid) | المنطوق وهو المكتوب (Sesuatu yang terucap dan tertulis) | 6 |
لا تكون إلا إجتماعية | قد يحدث أن يكون عملا فرديا | 7 |
- TINDAK BAHASA
- Firman Allah; QS. Al-Balad: 4, 8-9.
- Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.
- Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata,
- lidah dan dua buah bibir.
Allah menciptakan lidah dan bibir tidak hanya untuk manusia, tapi penyebutan ayat ini dimaksudkan bahw ada fungsi berbeda anggota tersebut bagi manusia jia dibanding makluk lain, yaitu fungsi untuk berbahasa.
- علمنا منطق الطير
- Salah satu kesempurnaan manusia adalah berbahasa. Manusia memang makhluk Allah sebagaimana yang lainnya, akan tetapi ada ciri khusus yang diberikan Allah pada manusia yaitu berbahasa. Aristoteles juga mengatakan bahwa manusia adalah hewan yang berbicara secara jelas ‘حيوان ناطق مبين’
- Seorang ahli mengadakan penelitian pada anak yang baru lahir dan hewan yang baru lahir. Dua makhluk ini diperlakukan secara sama baik dari segi perhatian ataupun pendidikan. Pada waktu tertentu anak manusia muncul suarannya ia kemudian berkembang menjadi bahasa, akan tetapi suara hewan hanya berkembang sebagai suara terbatas yang tidak berkembang menjadi bahasa.
Bahasa sebagai fenomena rasional sebab manusia mempunyai kemampuan rasional untuk berbahasa yang diawali dari struktur tubuh yang dianugerahkan Allah untuk bisa berbahasa, komponen-komponen kehidupan di sekitarnya yang mendorongnya berbahasa.
Bahasa sebagai fenomena sosial bisa dipahami bahwa kita ketahui butuh untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Karena itu bahasa bersifat arbriter dan konvensional. Bahasa menjadi sebuah karakter dan ciri khas dari masyarakat tertentu. Dan salah satu yang sangat dekat dengan fenomena sosiaal kebahasaaan adalah fungsi bahasa sebagai alat komunikasi.
Daftar Rujukan:
- Hasanah, Mamluatul. 2010. Proses Manusia Berbahasa Perspektif Al-Qur’an Dan Psikolinguistik. Malang: UIN-Maliki Press.
- Hasan, Tamam. Al-Lughah Al-Arabiyah Ma’naha Wa Mabnaha. Makkah Al- Mukarramah: Dar Al-Tsaqafah.
- Nur Indah, Rohmani. 2008. Psikolinguistik, Konsep Dan Isu Umum. Malang: UIN Malang Press.
0 komentar:
Post a Comment