Home » » tanaman alang-alang kandungan dan khasiatnya untuk kesehatan

tanaman alang-alang kandungan dan khasiatnya untuk kesehatan

Unknown | 8:10 PM | 0 komentar




tanaman alang-alang kandungan dan khasiatnya untuk kesehatan
Tanaman ini termasuk family poaceae. Nama-nama daerah yang berada di Indonesia yaitu Rih (Batak), Alalang (minangkabau), lioh (lampung), Neleleng laku (Aceh), Kieurih (Sunda), Alang-alang (Jawa), Rii (Flores),  Re (Sumbawa), Halalang (Kalimantan),  Kalepip (Irian).
Tanaman ini merupakan habitus semak, menahun, kira-kira tingginya sekitar 1-1,5 m. batangnya sangat lunak dan keunguan. Daunnya tunggal, lanset, tepi rata dan hijau. Bunga majemuk, berbentuk malai dan panjang kira-kira sekitar 16-30 cm. benangsari dua, kepalasari berwarna putih atau terkadang ada yang menemukan berwarna ungu dan tangkai putiknya berjumlah dua helai. Buahnya bernama buni dan bentuknya bulat telur, berbulu, berwarna kuning, bijinya berwarna coklat dan akarnya berbentuk serabut berwarna putih agak kotor.
Tanaman ini mengandung kimia yaitu terdapat pada akar yang mengandung saponin, dan tannin dan daunnya mengandung polifenol.
Manfaat tanaman ini dalam kesehatan dapat melancarkan air seni, mengobati kencing batu, hipertensi akibat sakit ginjal, radang paru-paru. Asma, mimisan, prostat, diare dan keputihan. Semoga bermanfaat dan syukronnn…



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment