Home » » Tiga hal pesan penting dari sang guru besar pendidikan

Tiga hal pesan penting dari sang guru besar pendidikan

Unknown | 5:32 AM | 0 komentar

Tiga hal pesan penting dari sang guru besar pendidikan
Judul yang saya tulis merupakan pertemuan saya dengan prof. Dr. H. Imam Suprayogo, beliau adalah rektor kampus ternama di kota apel yang semula dari Stain sampai menjadi UIN Maliki Malang. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan bercerita tentang beliau akan tetapi bercerita tentang pesan beliau.
Pagi itu setelah shalat shubuh pada tahun 2011, saya bersama Bapak saiful zaman,S.Pd, awaludin, S.Pd, M. Ainul Yaqin, S.Pd, M.Pd.I dan Imam Bayhaki, S.Pd, S.H, MH bersilaturrahmi ke rumah beliau, kebetulan sekali pada hari itu bertepatan pada pertengahan bulan puasa. Rencana dari kami berlima ingin mengundang beliau untuk memberikan ceramah pada acara nuzulul qur’an. Akan tetapi beliau kebetulah tidak bisa hadir karena harus ke Jakarta ada undangan dari bapak menteri agama RI.
Kami berlima bersilaturrahmi sekitar 30 menit, dari perbincangan itu beliau menyampaikan banyak hal tentang perkembangan UIN Maliki  Malang dan cita cita beliau dalam mengembangankan kampus bernuansa pesantern itu. Pada waktu itu dan sampai sekarang saya merasa kagum dengan cita cita dan kesungguhan beliau yang terus ingin mengembangkan dan merenovasi kampus, agar dikemudian hari bisa menjadi kampus yang bisa dibanggakan dunia. Alhamdulillah ternyata beliau mampu mewujudkannya.
Pada kesempatan itu, setelah beliau menyampaikan banyak hal tentang harapan dan cita cita ingin mengembangkan kampus UIN Maliki Malang, beliau menyampaikan tiga hal penting dari pesan nabi Muhammad SAW. Pesan beliau “ nabi berkata ajarilah anak anakmu dengan tigal hal yaitu memanah, berenang dan berkuda”.Dari tiga pesan beliau kami berlima dimintak untuk mentafsirkannya, akan tetapi kami tidak ingin menafsirkan agar beliau saja.
Tafsiran beliau mengenai tiga hal pesan penting yaitu yang pertama memanah, memanah itu harus focus kalau tidak focus tidak akan tepat sasaran. Kemudian beliau mengintegrasikan dengan kehidupan, bahwa hidup itu harus ada fokusnya, semisal focus cita cita ingin menjadi orang besar, kalau kita kurang sungguh sunggu dalam mengejar cita cita itu kita tidak akan mampu mewujudkannya. Semisal lagi seseorang ingin memahami buku apa yang dibaca, kalau tidak focus dengan apa yang kita baca, kita tidak akan mampu memahami kandungan dan maksud dari tulisan buku tersebut.
Pesan yang kedua. Berenang, seseorang yang berada dikolam renang atau dilaut kalau tidak berenang akan tenggelam. Beliau mengintegrasikannya dengan kehidupan, bahwa hidup kalau tidak bergerak akan tenggelam, seperti contoh seseorang yang kehidupannya digunakan untuk membaca buku dan mengembangkan ilmunya kemudian tidak membaca dan mengembangkan ilmu lagi, maka ilmu yang didapat akan lupa atau tenggelam dalam kelupaan.
Pesan yang ketiga yaitu berkuda. Berkuda ibaratnya memimpin, kalau kuda tersebut kita dorong maka kuda tersebut tidak akan mau atau menolak, makanya kuda tersebut agar mau berjalan harus ditarik dari depan. Seperti hidup ini, kalau kita ingin mengajak orang ya kita harus memberi contoh terlebih dahulu agar orang orang yang kita ajak senantiasa senang dan mau untuk kita ajak. Pesan tiga hal penting itulah yang beliau sampaikan untuk kami berlima semoga bermanfaat.wassalam…


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment