Home » » Meminjam Konsep Pemimpin Menurut Imam Ibnu Maalik

Meminjam Konsep Pemimpin Menurut Imam Ibnu Maalik

Unknown | 9:34 PM | 0 komentar



Pemimpin dan kepimimpinan merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi semuanya, dan penyandangan
jabatan penting itu dimiliki oleh setiap orang mulai dilahirkan di dunia dan akan selesai sampai ajal menjemputnya dan masih dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak.
Jabatan penting itu bisa dimiliki khusus oleh seseorang yang mendapatkannya diperoleh dari suara rakyat seperti pemilihan kepala desa, bupati, gubernur dan presiden. Dalam kepemimpinan seorang banyak yang diharapkan agar bisa mengelola dirinya sendiri dengan baik, dan bagi pemimpinan yang diperoleh dari suara rakyat banyak yang diharapkan untuk bisa merubah dan memperbaiki negara agar lebih maju dan mampu memikirkan nasib kehidupan para rakyat. 
 Mengenai kepemimpinan banyak dari seorang tokoh ilmuan, ulama’, dll yang memberikan arti yang berbeda beda, adakalanya seorang pemimpin itu diartikan sebagai Agen Of Change, Agen Of control, pemimpin yang mampu mengerti keadaan rakyat,  dan masih banyak lagi definisi definisi mengenai seorang pemimpin.
Dalam meminjam konsep pemimpin atau kepemimpinan menurut Imam Ibnu Maalik seorang tokoh ilmuan yang sangat dikenal karena  karyanya sangat popular dikalangan para ilmuan gramatikal nahwu dan sharaf dan para ilmua yang lain yaitu berupa kitab alfiyah, sebuah kitab yang ditulis sudah ratusan tahun lalu yang terus dikaji oleh para kalangan santri di pesantren salaf, modern dan para mahasiswa di perguruan tinggi tanah air dan para mahasiswa di dunia. Beliau mendefinisikan pemimpin dalam kitabnya nadham alfiyah no 125  yang berbunyi
ولايجوز الإبتداء بالنكرة               مالم تفذ كعند زيد نمرة 
Tidak diperbolehkan seorang pemimpin berstatus nakiroh atau tidak jelas, hal itu tidak akan memberikan sebuah arti, kecuali pada hal hal tertentu.
Berdasarkan nadham tersebut dianjurkan seorang pemimpin untuk dirinya sendiri atau orang lain harus jelas visi misinya, agar mampu memberikan manfaat yang besar terhadap umat di dunia ini. Semoga kepemimpinan di negara Indonesia ini yaitu bapak Jokowi Widodo dan Jusuf  Kalla bisa membawa perubahan dan kenyamaan untuk  negara Indonesia dan  bagi masyarakat luas. AMIIN. 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment