Home » » Petunjuk Umum Pembelajaran Mufrodat Bagi Non Arab

Petunjuk Umum Pembelajaran Mufrodat Bagi Non Arab

Unknown | 8:16 PM | 0 komentar




selamat malam sobat....

pembelajaran bahasa Arab, bagi banyak orang masih dikatakan bahasa yang paling sulit dan menurut sebagian yang lain orang mengatakan bahasa Arab sangat mudah dipelajari. sebenarnya belajar bahasa mudah atau tidak sebenarnya tergantung orang tersebut, andai saja seseorang mengatakan bahasa itu mudah maka apa yang dipelajari akan mudah diraih.
belajar bahasa Arab selain guru sebagai media utama, seorang murid harus mempunyai tekad yang sangat kuat untuk mempelajari bahasa itu selain itu lingkungan sebagi penunjang juga penting. tidak mungkin kita belajar bahasa Arab tapi disekeliling kita  bahasa yang digunakan  bukan bahasa arab.
nah sobat.....
dibawah ini adalah petunjuk umum untuk belajar bahasa Arab secara otodidak atau belajar di kelas

Beberapa petunjuk umum yang berhubungan erat dengan pembelajaran mufrodat dalam program pembelajaran bahasa arab buat non arab, yaitu:
  1. Jumlah mufrodat yang diajarkan.
Terdapat beberapa perbedaan pendapat tentang jumlah mufrodat yang harus diajarkan , yaitu:
  • Untuk tingkat pemula 750 sampai 1.000 mufrodat
  • Untuk tingkat lanjutan 1.000 sampai 1.500 mufrodat
  • Untuk tingkat atas 1.500 sampai 2.000 mufrodat
  • Untuk tingkat ibtida’i 2.000 sampai 2.500 mufrodat , dengan syarat mereka belajar menyusun kalimat dan terampil menggunakan kamus.
  1. Daftar mufrodat.
Siswa hafal seperangkat mufrodat bahasa arab yang sering digunakan beserta terjemahannya kedalam bahasa yang dikenal siswa. Namun terkadang kita menjumpai guru yang salah dalam penerapannya.
misalnya seorang guru menulis semua kata yang ada di papan tulis dengan bentuk daftar,lalu ia mengajarkannya satu persatu.
Sesungguhnya cara yang dipakai ini bukanlah metode yang baik, jika ternyata dalam pengajarannya akan menimbulkan kesukaran bagi para siswa dan menambah kesukaran bagi guru dalam mengajar. Hal ini karena kebanyakan siswa akan membaca kata-kata  yang ada di papan tersebut terlebih dahulu sebelum guru mengucapkannya, sehingga mereka tidak tahu dan paham benar mengenai bacaan yang ada, yang biasanya akan terjadi banyak kesalahan.
Cara  yang paling baik adalah guru menulis kata-kata yang ada satu persatu di papan tulis, kemudian menerangkannya serta berlatih menggunakan kata tersebut dan setelah paham kemudian berlanjut ke kata yang selanjutnya sampai selesai.
  1. Cara menjelaskan makna mufrodat (kosakata).
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment