Home » » Hubungan Qawāid dengan Mahārah al Qirā’ah dan al Kitābah

Hubungan Qawāid dengan Mahārah al Qirā’ah dan al Kitābah

Unknown | 8:19 PM | 0 komentar



Qawāid atau tata bahasa merupakan unsur-unsur bahasa Arab yang lahir setelah adanya bahasa itu dan sejak lama sudah digunakan oleh para pengguna dan pecinta bahasa khususnya bahasa Arab. Qawāid mempunyai hubungan yang difungsikan dalam berbahasa untuk memperbaiki tata bahasa, menjaga hubungan tata bahasa dengan keindahan makna dalam bahasa itu sendiri, hal ini sesuai dengan pendapatnya Hasan syahatah dalam bukunya Ta’limul Lughah Arabiyyah Baina Nazhariyyah wa Tatbiq, bahwa qawāid dapat membekali seeorang dengan kemampun berbahasa, khususnya kemampuan tarakib untuk mengetahui kalimat dan membuat kalimat menjadi baik.
Adapun qawāid mempunyai hubungan dalam kemahiran berbahasa, khususnya dengan kemahiran membaca dan menulis dalam penerapan berbahasa, hal ini sesuai dengan pendapatnya Syaiful Mustofa dalam bukunya Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, bahwa tidak akan mungkin bisa membaca teks Arab dan membuat kalimat tanpa memahami kaidah bahasa tersebut.  Ada empat aspek dalam kemahiran berbahasa Arab yang berhubungan dengan qawā’id yaitu;
  1. Kemampuan membaca dengan benar dan memahami dengan tepat kitab-kitab terutama al-Qur’an dan al-Hadits dan buku-buku berbahasa Arab.
  2. Kemampuan menulis
  3. Kemampuan berbicara
  4. Kemampuan memahami pembicaraan orang lain.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment