TA'BIR AL-KALIMAT
AL-FABI'IYAH
Strategi
ini lebih focus pada kemampuan mahasiswa memproduksi kata dengan cepat dalam
waktu yang relative singkat.
Langkah-langkah
:
• Dosen menyebutkan sebuah kata dengan menentukan
kategorinya yaitu isim atau fi'il.
• strategi ini bisa menggunakan pola lain, misalnya dosen
menyebutkan satu huruf م, mahasiswa diminta untuk menyebutkan satu kata yang berawalan
huruf م .
AL-KALIMAT
AL-MUSALSALAH
Strategi
pembelajaran ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai perbendaharaan kata yang
bervariasi dan mampu merangkainya dengan tepat dalam struktur kalimat bahasa
Arab.
Langkah-langkah
:
•
Atur tempat duduk mahasiswa dalam formasi
lingkaran dan dosen mengambil salah satu kursi dalam lingkaran tersebut.
•
Dosen menyebutkan sebuah kata misalnya : شاهد. Maka mahasiswa disebelahnya harus meneruskan kata lainnya misalnya
: شاهد محمد.
•
Mahasiswa ketiga meneruskan dengan kata التليفزيون sehingga menjadi شاهد
محمد التليفزيون dan seterusnya. Usahakan rangkaian kalimat tidak terputus.
AL-TA'BIR
AL-NAFS
Ini
adalah teknik menarik agar mahasiswa dapat menilai dan mendeskripsikan dirinya
sendiri dalam waktu yang relative terbatas, disamping tentu saja mengenalkan
performentasi dirinya sendiri lewat gambar yang dibuat.
Langkah-langkah
:
•
Siapkan kertas kosong sejumlah mahasiswa.
•
Minta mahasiswa untuk menggambar dirinya sendiri
(beri rentang waktu yang memadai).
•
Minta mahasiswa menceritakan gambar yang
telah dibuatnya lewat tulisan, misalnya, tentang apa yang ia lakukan dalam
gambar itu, bagaimana performen dirinya dan lan sebagainya.
•
Minta mahasiswa untuk menukar tulisan dan
gambarnya ke teman sebelahnya sambil bercerita tentang relevansi gambar dan isi
narasi tulisannya.
• Teman sebelahnya melaporkan kesan masing-masing.
• Akhiri perkuliahan dengan memberi refleksi atas
pembelajaran yang telah dilalui.
NUBU'AT
AL-ASHDIQA'
Strategi
ini efektif dalam membantu mahasiswa untuk saling mengenal satu sama lain.
Strategi ini juga dapat menjadi satu ekspremen menarik pada pertemuan pertama
dari suatu perkuliahan, sambil terus konsentrasi memperdalam bahasan tentang
dlomir.
Langkah-langkah
:
•
Beri penjelasan tentang aturan main pada mahasiswa, bahwa mereka diminta untuk
mencari informasi tentang identitas temannya sebanyak minimal 5 orang
(tergantung kondisi mahasiswa).
•
Beri kisi-kisi pertanyaan yang harus
diketahui mahasiswa dari temannya yakni seputar :
ماسمك ؟
اين تسكن ؟ ما هوايتك ؟ فى أي قسم تدرس ؟ وغيره
(sesuaikan dengan kapasitas kemampuan
menghafal dan berbahasa Arab mereka).
•
Mahasiswa diminta untuk berdiri berkeliling
mencari informasi dari beberapa pertanyaan tadi. Beri waktu yang cukup untuk
mengingat tanpa dicatat.
• Minta mahasiswa kembali tenang dan duduk ditempat semula.
• Tunjuk salah satu mahasiswa untuk mengingat beberapa
temannya. Usahakan dosen untuk konsisten dalam menentukan kuantitas teman yang
diingat, sebagaimana petunjuk diawal. (pergunakan perubahan dlomir dalam
memperkenalkan diri dan teman-temannya; laki- atau perempuan).
•
Mahasiswa
yang telah maju kedepan menunjuk temannya yang lain untuk melanjutkan. Dan seterusnya.
•
Akhiri perkuliahan dengan lebih memperdalam
penggunaan dhomir hingga lebih luas pemahaman mahasiswa akan materi tersebut.
Variasi :
• Strategi ini dapat lebih menarik bila dimodifikasi dengan
pemberian reward dan punishment sebagai konsekuensi dari hafalan mereka.
BAYAN
AL-SABAB
Strategi
ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan bicara mahasiswa. Starategi
ini dapat mengasah pemikiran mahasiswa untuk mengekplorasikan ide-idenya dalam
rangka mencari tahu sebab-sebab kegiatan yang dilakukan temannya.
Langkah-langkah
:
•
Bagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok,
dimana tiap kelompok menkondisikan tempat duduknya secara melingkar.
•
Salah satu anggota kelompok diminta maju dan
mengambil 4-5 kartu yang telah disediakan, sesuai dengan jumlah kelompoknya,
kemudian membacanya satu kartu dengan keras. Misalnya :
سأذهب الى السوق. لماذا ؟
•
Mahasiswa yang lain dikelompoknya menjawab
satu persatu secara bergiliran, (usahakan semua anggota kelompok menjawab
dengan jawaban berbeda). Setelah itu, mahasiswa tadi menunjuk temannya yang
lain dari kelompoknya untuk membaca kartu setelahnya. Demikian seterusnya,
(jangan lupa memberi skor atas jawaban tiap kelompok, sehingga terdapat
kompetisi yang sehat bagi mahasiswa untuk berlomba-lomba mengekplorasi idenya).
Variasi :
•
Strategi
ini dapat lebih menarik, bila dimodifikasi dengan kegiatan menebak lebih lanjut
tentang kegiatan apa yang dilakukan. Misalnya :
سأذهب الى السوق المركزى. مالسبب ؟
•
Mahasiswa
mencoba mengira-ngira alasan kepergiannya secara bergantian.
YAL'AB DAUR
AL-MUDARRIS
Ini adalah strategi yang sangat tepat untuk
mendapatkan partisipasi langsung baik dari kelas ataupun dari individu mahasiswa.
Strategi ini memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk dapat berperan
sebaga guru bagi kawan-kawannya.
Langkah-langkah
:
•
Tentukan tema yang akan didiskusikan,
misalnya :رحلة الى شاطئ البحر
•
Masing-masing mahasiswa diberi kertas dan
diminta untuk membuat pertanyaan seputar :رحلة الى شاطئ البحر
•
Kertas dikumpulkan dan diacak, kemudian
dibagikan lagi dan dipastikan tidak ada mahasiswa yang memegang kerta
pertanyaan sendiri.
•
Mahasiswa diminta untuk membaca pertanyaan
yang ada dikertas dihadapannya, kemudian menjawab pertanyaan tersebut.
•
Setelah jawaban diberikan, minta yang lainnya
untuk menambahkannya.
•
Lanjutkan pada kertas pertanyaan berikutnya
dan seterusnya.
•
Mahasiswa diminta untuk membuat rangkuman
cerita seputar :رحلة الى شاطئ البحر, hasil jawaban dari pertanyaan tersebut
ISTIMA'
AL-MUSYKILAT
Ini adalah strategi yang digunakan untuk
meningkatkan rasa empati mahasiswa pada sesame. Mahasiswa dapat memahami keluh
kesah mahasiswa yang lain dan menawarkan solusi edukatif dalam penyelesaiannya.
Langkah-langkah
:
•
Mahasiswa diminta berpasang-pasangan.
•
Mahasiswa diminta untuk saling menyampaikan
problema atau keluh kesah yang dihadapinya kepada pasangannya masing-masing.
•
Secara bergiliran mereka diminta untuk
menyimak dan menghadirkan solusi dari problema yang dihadapi oleh keduanya,
serta menuangkannya dalam bentuk tulisan.
•
Hasil penulisan ditukar dengan mahasiswa yang
lain melalui system cross check.
•
Mahasiswa diminta mempresentasikan hasilnya.
TA’BIR AL-SUWAR
• Strategi ini sangat baik dipakai untuk melibatkan siswa dalam menemukan dan menuntut ide cerita
secara sistematis.
Langkah-langkah
:
• Siapkan gambar yang akn diajarkan.
• Tempelkan gambar dipapan tulis, siswa diminta untuk
mengidentifikasi gambar tersebut dan membuat tulisan secara runtut dan logis
dalm waktu yang sudah ditentukan.
• Seorang siswa diminta untuk membacakan hasil tulisannya
dan siswa lainnya mengkritisi tulisan.
• Akhiri pembelajaran dengan menjelaskan kesalahan-kesalahan
umum dalam tulisan siswa.
1 komentar:
Boleh minta refrensi yg ta'bir al-kalimat al-fabi'iyah
Post a Comment