Home » » Manfaat tumbuhan bandotan untuk menjaga kesehatan kita/ Benefits bandotan to maintain our health.

Manfaat tumbuhan bandotan untuk menjaga kesehatan kita/ Benefits bandotan to maintain our health.

Unknown | 5:24 AM | 0 komentar




Manfaat dan Khasiat Bandotan



Apakabar sahabat…
Tumbuhan kali ini tentunya kalian sudah pada tahu semuanya…, kita sebut saja bandotan sebutan yang lain bisa (ageratum conyzoides). Tumbuhan ini merupakan family compositae, dan tempat tumbuhnya dari 1 sampai 2100 meter dpl. Biasanya kita bisa menemukan disekitar kita ya bisa di sawah, lading, semak belukar, halaman, kebun, tepi jalan, tepi air. Tumbuhan ini bisa ditanam sendiri atau dikembang biakkan melalui penyebaran biji.
Nama tumbuhan ini di negara Indonesia terdapat sebutan yang berbeda beda contohnya; babandotan terdapat pada daerah sunda, bandotan sebutan untuk daerah disekitar melayu dan jawa, untuk jawa tengah terkadang menyebutnya dengan wedusan.
Gambar tumbuhan ini yaitu habitus serba, satu tahun, tingginya biasanya sekitar 10 sampai 120 cm, batangnya sangat tegak dan berbaring, daunya tunggal, bulat telur, panjang kira kira sekitar 3 sampai 4 cm, lebar sekitar 1 smapai 2,5 cm, warnanya hijau. Bunganya majemuk, di ketiak daun berbentuk malai, rata-rata panjangnya sekitar 6 sampai 8 mm, tangkai bunga berambut, kelopak berbulu, berwarna hijau, mahkotanya berbentuk lonceng dan  berwarna putih atau ungu. Akar tunggang berwarna putih kotor.
Kandungan kimia yang terdapat pada tumbuhan ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kita yang berupa flavonoida, polifenol, minyak atsiri. HCN dan eugenol 5%.
Manfaat tumbuhan ini sangat banyak sekali yaitu; dapat mengobati penyakit disentri, mencret, luka untuk obat luar dan obat penurun panas.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment