Home » » Memilih Pemimpin Yang Unggul

Memilih Pemimpin Yang Unggul

Unknown | 12:03 PM | 0 komentar

            Menurut informasi yang ada, bahwa negara ini sedang disibukkan dengan memilih pemimpin kapolri yaitu pemimpin yang diminta oleh bangsa dan masyarakat Indonesia untuk menjaga NKRI dari serangan kejahatan seperti teroris, narkoba, kejahatan seks, pembunuhan dan lain sebagainya.
           Dalam memilih pemimpin Kapolri, negara memberikan wewenang kepada DPR RI untuk menyeleksi orang orang yang kompeten mengenai kepolisian dan juga berbagai persoalan diberikan kepada calon Kapolri untuk dijawab dan memberikan penyelesaiannya secara hukum yang berada di Indonesia. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar sekali karena untuk membuktikan orang tersebut layak dan tidaknya menjadi kapolri di negara Indonesia. Akan tetapi ada yang lebih penting dari hal itu yaitu menguji sifat kepemimpinannya, keberaniannya dan juga amanahnya ketiga hal ini sangat penting diujikan karena masyarakat Indonesia menaruh harapan kepada kapolri untuk mewujudkan keamanan yang baik agar masyarakat Indonesia terhindar dari kejahataan,menemukan rasa aman dan memberikan hukum yang adil bukan asal asalan hukum.
            Dalam kasus ini yaitu memilih pemimpin, seorang guru besar yang sudah tidak asing lagi yaitu syeh Ibn Malik dalam karyanya yang monumental kitab alfiyah dalam bab ibtida’ atau kepemimpinan disebutkan bahwa tidak diperbolehkan pemimpin yang tidak diketahui asal asulnya atau belum aspek kepemimpinannya.
            Berdasarkan bait tersebut beliau menganjurkan untuk menjadikan seseorang sebagai pemimpin dimana saja orang tersebut harus jelas jiwa kepemimpinannya, pintar atau cerdas, mampu menyelesaikan masalah, amanah, pemberani dalam mengambil risiko dan bertanggung jawab dengan apa yang diamanahkan.
            Memilih pemimpin berdasarkan bait di atas memang belum sepenuhnya terwujud, karena di negara ini dirasa masih sulit dikarenakan sistem yang digunakan adalah memilih dengan uang, yaitu yang mempunyai banyak uang atau akses bisa menjadi pemimpin walaupun belum diketahui banyak mengenai sifat kepemimpinannya.
            Kita berharap semoga dengan adanya calon calon kapolri yang unggul, bisa membawa polisi menjadi lebih baik lagi dan mampu mewujudkan cita cita bangsa dan rakyat Indonesia, dan mampu mengatasi atau memberikan hukum yang adil.semoga bermanfaat wassalam.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment