Evaluasi Pembelajaran berbasis Kompetensi

Unknown | 9:37 PM | 0 komentar
Pembelajaran Berbasis Kompetensi merupakan wujud pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi sebagai currículum in action. Salah satu rangkaian pembelajaran berbasis kompetensi pelaksanaan adalah evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi. Dalam evaluasi selalu  mengandung proses. Proses evaluasi harus tepat tergadap tipe tujuan yang biasanya dinyatakan dalam bahasa perilaku. Dikarenakan tidak semua perilaku dapat dinyatakan dengan alat...

kata kata idiom dalam bahasa Arab:

Unknown | 5:14 AM | 1komentar
1024x768 A.    Kata-kata idiom kata kata idiom dalam bahasa Arab: 1.     على الرغم من/ بالرغم من/رغم أن  (Meskipun; walaupun; kendatipun) على الرغم من أن اللغة العربية عرفت ذلك الشكل السردى الماثل فى عمل "كليلة ودمنة" منذ مطلع القرن الثانى للهجرة، فإن تلك التجربة السردية ظلت محمودة التاثير. Meskipun bahasa Arab mengenal bentuk penceritaan seperti itu sebagaimana yang tercermin...

Hubungan antara Supervisi Akademik Kepala Madrasah dengan Kinerja Inovatif Guru

Unknown | 8:28 PM | 0 komentar
Supervisi akademik merupakan pelayanan atau bimbingan profesional bagi guru-guru dengan memberikan bantuan dan dorongan serta kesempatan pada guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam melaksanakan tugas utamanya dengan lebih baik, yaitu memperbaiki proses belajar mengajar dan meningkatkan mutu hasil belajar mengajar.                Supervisi akademik...

Hubungan Mufradāt dengan Mahārah al Qirā’ah dan al Kitābah

Unknown | 8:24 PM | 0 komentar
Mufradāt merupakan unsur-unsur bahasa Arab yang tidak bisa dipisahkan dari ketrampilan berbahasa, khususnya ketrampilan membaca dan menulis. Hal ini sesuai dengan fungsi mufradāt itu sendiri yaitu memperbaiki gaya bahasa dari kesalahan-kesalahn nahwiyyah dan menjaga hubungan antara srtruktur kalimat dengan  keindahan makna. Adapun mufradāt mempunyai hubungan yang sangat erat sekali dalam mengasah dan meningkatkan kemampuan...

Hakikat Bahasa Dalam Agama Islam

Unknown | 6:07 PM | 0 komentar
Hakikat Bahasa Dalam Agama Islam Bahasa merupakan suatu sistem symbol yang memiliki makna arti pada suatu fakta dan realita. Artinya, tidak akan terwujud suatu bahasa yang merupakan serangkaian bunyi yang tidak bermakna. Karena bermakna itulah maka sistem symbol itu sendiri disebut bahasa. Hakikat bahasa sebenarnya mempunya citra dan wibawa yang perkembangan keilmuan bahasa selalu dipelajari, diteliti dan diperbincangkan banyak...

Hubungan Qawāid dengan Mahārah al Qirā’ah dan al Kitābah

Unknown | 8:19 PM | 0 komentar
Qawāid atau tata bahasa merupakan unsur-unsur bahasa Arab yang lahir setelah adanya bahasa itu dan sejak lama sudah digunakan oleh para pengguna dan pecinta bahasa khususnya bahasa Arab. Qawāid mempunyai hubungan yang difungsikan dalam berbahasa untuk memperbaiki tata bahasa, menjaga hubungan tata bahasa dengan keindahan makna dalam bahasa itu sendiri, hal ini sesuai dengan pendapatnya Hasan syahatah dalam bukunya Ta’limul Lughah...

Petunjuk Umum Pembelajaran Mufrodat Bagi Non Arab

Unknown | 8:16 PM | 0 komentar
selamat malam sobat.... pembelajaran bahasa Arab, bagi banyak orang masih dikatakan bahasa yang paling sulit dan menurut sebagian yang lain orang mengatakan bahasa Arab sangat mudah dipelajari. sebenarnya belajar bahasa mudah atau tidak sebenarnya tergantung orang tersebut, andai saja seseorang mengatakan bahasa itu mudah maka apa yang dipelajari akan mudah diraih. belajar bahasa Arab selain guru sebagai media utama, seorang murid...

Konsep Gramatika Dalam Bahasa Arab Melalui Pedagogik Kritis

Unknown | 8:02 PM | 0 komentar
Nahwu sebagai ilmu akan berkembang, tergantung pada prespektif dan metode penelitian yang digunakan. Model kajian qawaid dalam bahasa Arab yang lebih realistis, rasional dan pragmatis sangat diperlukan. Nahwu pertama kali diperkenalkan oleh Abu aswad ad-Duali yang hidup pada masa Mu’awiyah bin Abu sufyan. Nahwu membahas pada akhir kata. Adapun sharaf membicarakan perubahan asal kata dari bentuk madhi, mudhori’, masdhar dan lain sebagainya....

Tingkat Keberhasilan dalam hal Belajar Mengajar

Unknown | 6:56 PM | 0 komentar
Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila hasilnya memenuhi tujuan instruksional khusus dari bahan tersebut. Yang menjadi petunjuk bahwa suatu proses belajar mengajar dianggap berhasil yaitu adanya daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok dan perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran instruksional khusus (TIK) telah dicapai oleh siswa, baik secara individual maupun kelompok. Setiap proses belajar mengajar selalu menghasilkan hasil belajar. Tingkat keberhasilan proses mengajar tersebut dari Istimewa/maksimal, apabila seluruh bahan pelajaran yang diajarkan...